Intrumen Gaya kognitif

1. Defenisi Operasional

Gaya kognitif adalah cara setiap individu dalam menerima, mengoraganisasikan, merespon, mengolah informasi dan menyusunnya berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dialaminya berdasarkan kajian psikologis

  1. 1.      Defenisi Operasional

Gaya kognitif dalam belajar matematika adalah gaya kognitif Field   Independent dan Field Dependent. Beberapa karakteristik individu yang memiliki gaya kognitif field-independent, antara lain: (1) memiliki kemampuan menganalisis untuk memisahkan objek dari lingkungan sekitar, sehingga persepsinya tidak terpengaruh bila lingkungan mengalami perubahan; (2) mempunyai kemampuan mengorganisasikan objek-objek yang belum terorganisir dan mereorganisir objek-objek yang sudah terorganisir; (3) cenderung kurang sensitif, dingin, menjaga jarak dengan orang lain, dan individualistis; (4) memilih profesi yang bisa dilakukan secara individu dengan materi yang lebih abstrak atau memerlukan teori dan analisis; (5) cenderung mendefinisikan tujuan sendiri, dan (6) cenderung bekerja dengan mementingkan motivasi intrinsik dan lebih dipengaruhi oleh penguatan instrinsik. Sedang karakteritik individu yang memiliki gaya kognitif Field Dependent adalah (1) cenderung berpikir global, mamandang objek sebagai  satu kesatuan dengan lingkungannya, sehingga persepsinya mudah terpengaruh oleh perubahan lingkungan; (2) cenderung menerima struktur yang sudah ada karena kurang memiliki kemampuan merestrukturisasi; (3) memiliki orientasi sosial, sehingga tampak baik hati, ramah, bijaksana, baik budi dan penuh kasih sayang terhadap individu lain; (4) cenderung memilih profesi yang menekankan pada keterampilan sosial; (5) cenderung mengikuti tujuan yang sudah ada; dan (6) cenderung bekerja dengan mengutamakan motivasi eksternal dan lebih tertarik pada penguatan eksternal, berupa hadiah, pujian atau dorongan dari orang lain.

Kisi-kisi, Indikator dan Jumlah Butir

Tabel berikut menjabarkan kisi-kisi, indicator variabel bebas gaya kognitif  siswa terhadap matematika

Kisi-kisi, Indikator,  Nomor dan Jumlah butir Variabel Gaya Kognitif Siswa Terhadap Matematika.

Variabel Indikator JumlahButir

No. Butir

1

2

3

4

Fied Independen

Memiliki kemampuan menganalisis untuk memisahkan objek dari lingkungan sekitar, sehingga persepsinya tidak terpengaruh bila lingkungan mengalami perubahan

2

 

1,3

Mempunyai kemampuan mengorganisasikan objek-objek yangbelum terorganisir dan mereorganisir objek-objek yang sudah terorganisir

3

2, 5, 7

cenderung kurang sensitif, dingin, menjaga jarak dengan orang lain, dan individualistis

2

4, 6

memilih profesi yang bisa dilakukan secara individu dengan materi yang lebih abstrak atau memerlukan teori dan analisis;

1

9

cenderung mendefinisikan tujuan sendiri

1

10

cenderung bekerja dengan mementingkan motivasi intrinsik dan lebih dipengaruhi oleh penguatan instrinstik

1

8

Fied Depedent cenderung berpikir global mamandang objek sebagai  satu kesatuan dengan lingkungannya, sehingga persepsinya mudah terpengaruh oleh perubahan lingkungan

1

11

cenderung menerima struktur yang sudah ada karena kurang memiliki kemampuan merestrukturisasi

2

        12, 13
memiliki orientasi social sehingga tampak baik hati, ramah, bijaksana, baik budi dan penuh kasih sayang terhadap individu lain

1

20

cenderung memilih profesi yang menekankan pada keterampilan sosial

2

14, 17

cenderung mengikuti tujuan yang sudah ada

2

15, 19

cenderung bekerja dengan mengutamakan motivasi eksternal dan lebih tertarik pada penguatan eksternal, berupa hadiah, pujian atau dorongan dari orang lain.

2

16, 18

JUMLAH Butir                                                                      20

Leave a comment